universitas terbaik di indonesia by university rankings Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia universitas jurusan Bimbingan Konseling Universitas jurusan PENDIDIKAN TEKNIK

.

Tips memilih dan merawat ayam bangkok untuk tempur

Tips menyiapkan ayam aduan atau cara merawat ayam bangkok untuk siap tempur banyak cara dan alternatifnya. Kali ini tips merawat ayam bangkok dari pemain dan pelatih khusus ayam vietnam gundul.

Memilih ayam bangkok untuk dilatih rawat.

Ayam yang dipilih adalah yang memiliki trah atau silsilah yang jelas. Tampilan mulai dari bulu yang bagus, paruh kuat dan tahan, bentuk kepala dan mata yang bagus, paha besar namun gesit dan cepat, kaki yang bagus dengan sisik dan taji yang tajam dan seimbang. Abar atau test tempur diperlukan untuk melihat sekilas teknik permainan, kelincahan, pukulan hingga tingkat kecerdasan ayam bangkok yang akan dipilih.


Untuk memilih ayam bangkok yang bagus, jika perlu mengajak seseorang yang sudah berpengalaman setidaknya 5 tahun dalam main ayam bangkok. Pemain atau pelatih yang berpengalaman sangat jeli melihat hal-hal kecil yang tidak terlihat oleh orang kebanyakan. Gerakan dan ekspresi ayam saat diabar dapat dibaca oleh orang yang telah berpengalaman.

Melatih dan cara merawat ayam bangkok

Latihan dan merawat ayam bangkok intinya adalah melatih fisik dan mental. Latihan fisik adalah untuk memperkuat fisik ayam bangkok sehingga menjadi lebih bertenaga, lebih keras dan kuat pukulannya, serta lebih lama daya tahannya. Fisik yang kuat juga menjadikan ayam ringan mengangkat badannya, bergerak dan memukul, sehingga pukulan akan menjadi lebih terarah dan akurat. Harus diperhatikan bahwa latihan fisik harus diimbangi latihan kelincahan dan kelenturan, agar otot-otot yang terbentuk tidak menjadi kaku yang membuat gerakan ayam menjadi lambat.

Latihan abar wajib dilakukan dengan ayam seukuran untuk meningkatkan fisik dan juga mental. Latihan abar bisa dilakukan dengan paruh ditutup plaster ataupun paruh dibuka, dan yang pasti tajinya harus dibungkus. Lama latihan abar bertahap 5 menit, 10 menit, 15 menit (1 ronde), hingga 2 ronde, yang diatur secara berkala 1 minggu sekali. Latihan abar bisa dilakukan hingga berkali-kali.

Pada ayam-ayam bangkok muda, latihan abar ini dapat meningkatkan pengalamannya dan diharapkan semakin cerdik dan makin cerdas ayam tersebut bertempur. Walaupun demikian teknik dasar bawaan ayam bangkok tersebut tetap tidak bisa diubah dengan cara latihan. Namun dengan latihan abar dengan lawanya yang bervariasi tekniknya, maka diharapkan ayam tersebut makin cerdik.

Ayam selesai abar sesekali dimandikan dengan air hangat yang dicampur rempah-rempah, misalnya batang serei untuk memperlancar peredaran darahnya. Ada juga yang menambahkan bahan khusus di air mandinya untuk memperkuat bulu-bulu ayam. Atau juga dapat dimandikan dengan membungkus tubuh ayam dengan air handuk hangat yang sebelumnya sudah dicelupkan ke dalam air panas.

Setelah sekian kali ayam dilatih abar, akhirnya dapat diputuskan apakah ayam tersebut sudah siap dan memenuhi syarat untuk dibawa ke kalangan atau tidak.

Makanan ayam bangkok masa latihan

Makanan untuk ayam bangkok pada dasarnya untuk menjaga ayam bangkok selalu kondisi yang fit dan sehat. Selama masa latihan abar, makanan ayam perlu ekstra dan ditingkatkan. Selain menggunakan gabah (padi), juga perlu tambahan vitamin, dan makanan penambah kekuatan seperti jamu ber-ginseng, telor ayam, madu ataupun sedikit tambahan daging.

Demikianlah tips memilih dan cara merawat ayam bangkok untuk tempur, semoga bermanfaat.
Share:

No comments: