universitas terbaik di indonesia by university rankings Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia universitas jurusan Bimbingan Konseling Universitas jurusan PENDIDIKAN TEKNIK

.

Cara mengobati berbagai penyakit ayam bangkok aduan

Macam-macam penyakit ayam bangkok yang diternak/ peternakan umumya adalah penyakit bubul, kurap, kutilan, cacingan, ngorok, mencret, dan penyakit kena serangan bakteri atau virus ganas seperti tetelo dan flu burung.  Sementara penyakit ayam bangkok aduan, yaitu ayam bangkok yang diadu, lebih beragam lagi.  Diantaranya muka dan tubuh kena luka dan taji, mata rusak, paruh patah, sayap hancur, kaki pincang, kaki bengkak, dan lainnya.


Obat ayam bangkok yang terkena penyakit umumnya ditangani dengan pengobatan tradisional, yaitu menggunakan bahan-bahan obat alami.  Obat ayam bangkok alami antara lain kunyit, bawang putih, daun sirih dan lainnya.  

Berikut ini jenis penyakit pada ayam bangkok, obat ayam bangkok dan cara mengobatinya.
   

OBAT PENYAKIT AYAM BANGKOK BUBUL


Cara mengobati penyakit ayam bangkok bubul yang umumnya dilakukan adalah membuang bubul, berikan obat dan tutup.  Kaki ayam bangkok dicuci/dibersihkan.  Kerak bubul hitam dicabut/congkel dan lalu dibersihkan.  Lalu tempel dengan kunyit (antibiotik alami) yang diparut atau diulek/digiling.  Bisa juga memberi kapur untuk campuran kunyit kalo ada.  Ada peternak lain yang hanya menempelkan sabun mandi di tempat bubul tersebut (bersifat antiseptic).  Lalu diikat dengan kain.

Kain pengikat untuk kaki ayam bangkok yang kena bubul bisa diganti dengan "sepatu ayam bangkok".  Sepatu ini maksudnya adalah bekas ban dalam motor (banyak di bengkel motor) yang digunting dan dibentuk sebagai alas kaki untuk ayam bangkok.  Coba dirancang sendiri bentuknya, yang penting telapak kaki ayam bangkok terlindungi dan menjadi empuk.

Cara lain mengobati penyakit ayam bangkok bubul adalah menggunakan solder (untuk elektronik).  Cara ini simpel dan ampuh.  Solder yang sudah panas, tempelkan pada  bubul kaki ayam bangkok.  Kerak hitam/bubul tersebut akan melunak seketika.  Tidak perlu lama-lama di solder (kasihan ayamnya), karena bubul tadi akan lepas sendiri dalam waktu beberapa hari.  Ayam yang sudah disolder tidak perlu diobati atau diikat kakinya.  Alat solder bisa diganti menggunakan besi yang dibakar di kompor.
     

OBAT AYAM BANGKOK ADUAN LUKA LUAR 


Penyakit luka luar pada ayam bangkok aduan antara lain luka bagian muka, dada ataupun paha yang terkena pukulan dan taji.  Cara paling gampang adalah memberikan kunyit giling/diulek.  Kunyit dioleskan ke seluruh tubuh yang terkena luka luar.  

Kunyit sangat ampuh untuk luka luar, bahkan lebih ampuh dari antibiotik.  Kunyit sebagai obat luka juga sangat cocok untuk manusia.  Bahkan luka dalam di lambung atau usus pada manusia bisa sembuh jika makan parutan kunyit bonggol (bentuknya bulat) setiap hari.

Jika luka terus menetes/mengalir berikan kunyit yang sudah agak kering agar luka yang menetes diserap oleh kunyit tadi.  

Untuk luka kena taji yang dalam atau mata yang kena taji jangan berikan kunyit giling.  Berikan saja perasan air kunyit untuk diteteskan.  Lebih ampuh lagi jika kunyit tersebut dicampur dengan cabe.  Bisa cabe rawit atau cabe besar, yang penting sudah matang berwarna merah.

OBAT PENYAKIT TETELO/ND

Penyakit tetelo pada ayam adalah yang paling ganas di bawah flu burung.  Teorinya tetelo tidak bisa disembuhkan.  Hanya bisa di vaksin selagi sehat.  Tapi ada ayam bangkok yang bisa disembuhkan dengan cara tradisional walaupun tidak ada jaminan.  Tetapi cara tradisional tersebut boleh untuk dicoba, antara lain cuka, daun pepaya, kunyit, sambiloto.  Bagaimana caranya? ini ada di tulisan lain.


Demikian dulu info cara mengobati penyakit ayam bangkok aduan.  Tulisan ini akan dilengkapi untuk penyakit lainnya.


Share:

No comments: