universitas terbaik di indonesia by university rankings Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia universitas jurusan Bimbingan Konseling Universitas jurusan PENDIDIKAN TEKNIK

.

Macam Teknik Gaya Tarung Ayam Bangkok Aduan

Macam Teknik Gaya Tarung Ayam Bangkok Aduan merupakan macam-macam tipe cara bertarung ayam bangkok aduan.  Gaya tarung ayam bangkok antara lain ngalung, kontrol. gulung pukul, kuda lari, teknik bawah dan lain sebagainya.

Gaya tarung ayam bangkok dulunya monoton yaitu menempel dan adu leher dengan posisi kepala kontrol atau ngunci.  Belakangan ini sejak masuknya ayam birma, maka banyak ayam bangkok, ayam bangkok thailand dan ayam vietnam yang dikawin silang dengan ayam birma.  Hasilnya bermunculan ragam dan gaya teknik ayam bangkok yang semakin variatif dan kadang tak diduga.  Contohnya adalah ayam vietnam yang bisa bermain teknik kuda lari seperti ayam birma, bahkan menjadi ayam juara di stadion resmi di Thailand  (lihat di Video Ayam Bangkok teknik kuda lari).

Ayam bangkok aduan tipe teknik dan tipe pukul

Ayam bangkok tipe teknik adalah ayam bangkok aduan yang lebih banyak menghindar dari patokan dan pukulan lawan.  Ayam tipe teknik kadang juga disebut sebagai ayam yang cerdik, yaitu cerdik menyusup, menghindar dan tidak mau dipukuli.  Caranya dengan masuk sayap, masuk ke bawah dada atau diantara dua kaki, kepala turun ke bawah kadang bisa menyentuh lantai/tanah.  Jika bertarung, ayam tipe teknik kepalanya lebih bersih dari luka dan pukulan.  Tetapi kelemahannya ayam teknik umumnya kurang aktif memukul.  Paling banyak dicari adalah ayam yang tekniknya bagus tetapi juga proaktif menyerang dan memukul.

Ayam bangkok aduan yang tipe pukul adalah ayam yang sangat bersemangat dan fokus untuk menghajar dan memukul terus menerus.  Konsentrasinya untuk memukul sehingga ayam tipe pukul tidak bisa atau kaku untuk menghindar.  Ayam tipe pukul memang mengandalkan pukulan tetapi dia pun mudah untuk dipukul.  Ayam pukul yang baik jika dalam keadaan terdesak dapat sesekali nyayap.

Teknik ayam bangkok kontrol

Ayam bangkok teknik kontrol, ayam yang selalu mengontrol kepala lawanya dengan cara selalu mengikuti gerakan kepala lawan.  Pada umumnya kepala ayam bangkok kontrol selalu tegak di atas kepala lawan.  Posisi berdiri umumnya di tengah arena, sementara ayam yang dikontrol berputar-putar mengelilinginya.  Ayam kontrol bergerak efektif dengan sedikit ke kiri, ke kanan, maju dan mundur.  Kadang satu kaki jadi tumpuan untuk berputar arah, sehingga gerakannya sangat hemat energi dan tampak santai.

Ayam kontrol yang bagus adalah bisa mengontrol dan mematok lawan dari segala arah.  Termasuk jika menghadapi ayam teknik yang nyayap dan ayam yang nyusup ke bawah.  Ada ayam bangkok yang full kontrol, kontrol tanggung, kontrol aktif, dan kontrol plus teknik.  Pada Video ayam kontrol vs ayam bangkok lelet dapat dilihat ayam bangkok kelabu kontrol menghadapi ayam brumbun putih berputar dan dorong cepat bangkok-birma.  Bisa juga melihat video ayam bangkok kontrol tinggi lawan agak pendek.

Teknik ayam bangkok ngelock atau ngalung atau ngunci

Ayam bangkok ngelock atau ngunci adalah yang mengunci leher lawannya.  Caranya dengan merengkuh kepala dan leher lawan, menahan atau menindih sehingga lawan mati langkah.  Saat merengkuh leher lawan tampak seperti mengalungi leher lawan.  Leher lawan yang berhasil dikunci akan sulit menghindar saat dipukul.  Ayam bangkok tipe ngalung ini termasuk teknik ayam yang favorite.

Tipe ayam bangkok ngalung harus memiliki leher yang lebih kuat dan tulang rapat agar benar-benar mampu mengunci leher lawan dan kunciannya tidak mudah dilepaskan.  Ada tipe ayam bangkok yang kunciannya berlebihan, ngelock sedang dan yang kunciannya agak longgar.

Teknik ayam bangkok gulung pukul

Ayam gulung pukul sebetulnya ayam kontrol yang aktif dan lebih cerdik dari ayam kontrol standar.  Kepalanya kadang  mengontrol kepala lawan dari atas, kadang bergerak di bawah kepala lawan, juga masuk sayap terus menerobos ke belakang.  Jika ayam masuk sayap untuk diam dan sembunyi, tetapi ayam gulung pukul masuk sayap dan terus bergerak mematok atau pukul dari belakang.  Ayam gulung pukul akhir-akhir ini lebih rame di kalangan, yang umumnya ada campuran sedikit thailand atau birma.

Ayam bangkok gulung pukul ada menyebutnya "ayam main".  Jumlahnya relatif sedikit dibandingkan ayam kontrol dan kunci.  Ayam gulung pukul termasuk berbahaya dibandingkan ayam kontrol standar.

Ayam bangkok jorok

Ayam bangkok jorok sebetulnya ayam bangkok yang asal patuk.  Jika tidak dapat mematok kepala, maka sayap, punggung, leher atau apapun yang dekat kepalanya akan dipatok dan lalu mukul.   Ayam tipe ini bisa merusak gaya permainan lawannya karena tekniknya tidak bisa terbaca oleh lawannya.  Ayam bangkok jorok termasuk agak jarang.

Teknik ayam bangkok aduan yang berubah

Sebagian ayam bangkok hanya bisa mengeluarkan teknik aslinya jika sudah terlatih, otot cukup bagus, stamina dan kondisi sedang fit.  Ayam gulung pukul bisa menjadi ayam ngoyor jika sudah tua, sudah pensiun, dijadikan pacek, yang intinya jika tidak terlatih.  Teknik ayam bangkok kadang tidak bisa keluar jika lawannya selalu bisa mematahkan pergerakannya.  Dalam keadaan lelah ronde 3 dan seterusnya bisa membuat teknik ayam bangkok tidak bisa keluar karena terlalu kecapean.  Semua ayam bangkok teknik, tekniknya tidak bisa keluar jika terkena pukulan telak yang membuat gaya permainannya jadi berubah.

Demikian tentang macam teknik gaya tarung ayam bangkok aduan, dari diambil dari ayam-bangkok-com.blogspot.com
Share:

No comments: